Menemukan Kuba Hemingway

[ad_1]

Saya jatuh cinta dengan Kuba, atau setidaknya gagasan Hemingway di Kuba, di usia remaja pertengahan saya. Saya membaca sebuah artikel tentang penulisnya, dan senang dengan romansa masa lalu, saus dan petualangan yang disimpan dalam waktu. Mungkin ide mobil tua membuat sejarah lebih realistis. Saya memutuskan bahwa suatu hari saya akan pergi dan mencari tahu sendiri. Dua puluh tahun berlalu sebelum saya pergi ke Lisle Grande pada tahun 2008, hampir 50 tahun setelah kematian Hemingway.

Saya kurang naif dalam romansa kehidupan Hemingway tetapi masih cukup suka ingin tahu lebih banyak tentang pria dan negaranya. Havana seindah yang saya inginkan. Saya belajar sedikit bahasa Spanyol hari demi hari – cukup untuk membantu saya bertahan hidup di toko makanan khusus layanan dan bahkan menanyakan arah.

Saya tinggal di kota tua dan mengisi bahan bakar diri dengan mengunjungi tempat-tempat wisata biasa pabrik cerutu dan rum, dan menjelajahi jalan-jalan arsitektur yang runtuh – memahami banyak pengaruh dari Moor hingga Mafioso. Banyak bangunan mengesankan seperti Hotel Nacional tampaknya kembali ke alam. Mungkin sebagian ditumbuhi hortikultura perkotaan yang didirikan di Periodo khususnya, periode khusus, ketika pembubaran Uni Soviet merusak ekonomi Kuba pada tahun 1991.

Untuk menutupi kekurangan pasokan, orang Kuba menanam makanan mereka sendiri di sebidang tanah apa pun yang tersedia—petak kosong, atap rumah, tempat parkir. Zaman masih sulit atau setidaknya ketersediaan barang kebutuhan sehari-hari seperti sabun sangat terbatas. Saya terpesona oleh keramahan dan kemurahan hati orang Kuba, tawa, tarian, dan ungkapan abadi “Mojito di siang hari, Salsa di malam hari.” Tapi saya ingin tahu lebih banyak tentang Hemingway. “Janet, Janet” adalah jawaban atas kesalahan saya dalam bahasa Spanyol. Lambaian tangan yang aktif meninggalkan saya pada jam dan jari menunjuk tanpa ragu bahwa saya harus berada di lobi hotel pada jam 9 pagi keesokan harinya. Di sana saya bertemu Janet.

Hemingway tinggal di Kuba antara tahun 1930-an dan 1950-an di mana ia menulis tujuh buku, termasuk Who Were Bill Tools and Islands in the Stream, tetapi The Old Man and the Sea adalah karyanya yang paling terkenal. Orang tua dari gelar itu adalah Santiago, seorang nelayan tua yang berjuang dengan seekor ikan marlin raksasa jauh di Gulf Stream. Novel tersebut dianugerahi Hadiah Pulitzer untuk Sastra pada tahun 1952 dan berkontribusi pada penghargaan Hadiah Nobel Sastra Hemingway pada tahun 1954. Hadiah itu adalah sesuatu yang sebelumnya dicita-citakan Hemingway, tetapi menerimanya dengan sederhana. Beberapa menyarankannya karena itu menyebabkan dia memiliki rasa pemusnahan.

Janet tiba dengan taksi kuning. Seperti wanita Kuba lainnya dalam peran formal, dia mengenakan rok yang sangat pendek tetapi dengan senyum ramah dan setelah perkenalan (untungnya dalam bahasa Inggris yang baik) kami segera menuju sembilan mil ke luar kota, ke perbukitan dan ke rumah Hemingway, Finca Vieja, atau peternakan Observatorium.

Meninggalkan Havana, kami segera berada di pedesaan hijau subur yang menghadap ke laut. Lahir beberapa tahun setelah kematian Hemingway, Janet tampak bermasalah karena dia belum pernah bertemu pria itu tetapi melakukan penelitian dan bertemu banyak teman-temannya. Dia menjelaskan bahwa pemerintah Kuba menghabiskan $ 1 juta untuk mengembalikan Finca Vigia ke kondisi aslinya, termasuk tanah, garasi, dan kapal penangkap ikan penulis, Pilar. Ini adalah museum yang paling banyak dikunjungi di Kuba, kami telah mengunjungi di luar musim tapi dia masih memperingatkan kita harus bergegas sebelum orang banyak tiba. Akses ke gedung-gedung terbatas tetapi kami bebas berkeliaran di pekarangan dan berjalan-jalan di sekitar rumah, melihat melalui jendela yang terbuka dalam kesendirian.

Terlepas dari kehati-hatian kami tidak terburu-buru dan cerita Janet tentang karakter yang lebih besar dari kehidupan, bermain bisbol dengan anak-anak lokal dan mendukung komunitas lokal membuat saya merasa seperti mengunjungi temannya daripada seorang penulis terkenal, yang terkenal dengan feminitasnya. dan minum. Aku tersentak ketika melihat seekor katak raksasa di dalam guci Janet untuk menjelaskan bagaimana Hemingway memulihkan kesehatannya hanya untuk dibunuh oleh salah satu kucingnya. Katak tetap menjadi acar bagi anak cucu, untuk mengenang kebaikan tiba-tiba Hemingway atau mungkin kerasnya hidup dan tahun-tahun sakit dan luka parah yang diderita penulis saat tinggal di Kuba.

Kami cukup yakin bahwa ketika taksi melaju dengan cepat, kami melihat bus pertama tiba. Kami pergi ke Cogimar, sebuah pelabuhan kecil enam mil di sebelah timur Havana tempat Hemingway menyimpan Pilar. Kota ini juga menjadi inspirasi bagi desa di The Old Man and the Sea. Kami bisa melihat seorang nelayan sendirian di teluk yang akan dipenuhi dengan hari-hari yang telah berlalu.

Saat makan siang, saya mengambil kesempatan untuk mendengar lebih banyak tentang tinggal di Kuba selama periode khusus. Aku lebih malu untuk bertanya daripada yang dibicarakan Janet ketika dia masih remaja. Dia mengatakan bahwa pemerintah memberi setiap keluarga babi atau ayam untuk makanan sesuai dengan ukuran keluarga, tetapi mereka tidak merawat hewan itu sebelumnya. Saudara laki-laki Janet diberi seekor babi yang dia bawa kembali ke istrinya di apartemen mereka di Havana – apa yang akan Anda lakukan dengan seekor babi di apartemen di pusat kota? cucilah. Sang istri tidak tahan dengan baunya. “Kami menyebutnya babi ikan yang sering saya cuci – seperti memiliki insang!”

The Old Man and the Sea adalah novel tentang keinginan dan semangat ketahanan seorang pria. Santiago dianggap sebagai “salao”, bentuk kemalangan yang ekstrem. Nelayan itu memiliki delapan puluh empat hari tidak menangkap ikan tetapi kemudian dalam delapan dan lima tahun dia menemukan seekor ikan marlin besar. Novel itu seperti cermin yang mencerminkan ketahanan manusia, humor yang menopangnya, dan kekuatan serta gagasan yang kita pegang saat masa-masa sulit. Mungkin kekuatan itu seperti sosok yang lebih besar dari kehidupan yang mendekati propaganda dunia saat secara terbuka merayakan kehidupan di Kuba. Hemingway sendiri adalah seorang pemburu yang tajam, dan terkenal di Cojimar.

Setelah bunuh diri pada tahun 1961, nelayan setempat menyumbangkan logam dari perahu mereka – baling-baling dan gerigi – untuk membuat patung untuk mengenang pria yang sangat dihormati itu. La Terrazza, bar Hemingway yang tampaknya sering dikunjungi setelah perjalanan memancing masih ada, tetapi kami memilih untuk istirahat yang lebih tenang. Tentu saja, tidak ada tur untuk menjelajahi Kuba Hemingway, santai atau tidak, yang akan lengkap tanpa perjalanan ke bar di Havana. Dia terkenal karena daquire-nya di La Floridita dan mojitos di La Bodeguita del Medio.

Instruktur telah menemui kami, jadi setelah koktail cepat kami terus bergerak. Gelombang pria berpisah saat Janet berjalan di jalanan, ‘Saya suka Hemingway; Saya menghabiskan waktu saya untuk membicarakannya dan menelitinya. Jika Hemingway masih hidup, suamiku bilang dia mengira aku berselingkuh dengannya.

Perhentian terakhir kami adalah Ambos Mundos Hotel, yang anehnya merupakan rumah pertama Hemingway di Kuba. Dia tinggal di sana sebentar-sebentar antara tahun 1932 dan 1939 ketika dia pindah ke pertanian. Hotel menetapkan Kamar 511 sebagai museum; Tiket masuknya adalah 2 dolar Kanada – jumlah yang digunakan Hemingway untuk membayar per malam. Itu tertutup. Dengan perkenalan singkat kepada seorang teman, Janet dengan cepat berhasil melewatinya. Ruangan itu anehnya kecil dengan satu tempat tidur tetapi berada di lantai 5 dan memiliki pemandangan pelabuhan yang luar biasa dan senyum serta kegembiraan Old Havana. Sangat mudah untuk melihat mengapa Hemingway jatuh cinta pada Kuba.

Saya senang bertemu Janet, itu adalah tur kenangan pribadi. Terlepas dari ingatan akan buku-buku dan cerita-cerita orang lain, fakta bahwa kisah-kisah itu ditransmisikan hampir memberi mereka lebih banyak kredibilitas. Ke mana pun kami pergi, ada kasih sayang yang tulus untuk Hemingway, dia bahkan bangga bahwa dia telah memilih pulau yang indah untuk menjadikannya rumahnya. Seolah-olah dia masih tinggal di sana, dan jika Anda cepat melewati tikungan, dia akan bermain bisbol dengan sekelompok anak-anak di jalan.

Saya melakukan perjalanan untuk menemukan dunia yang digambarkan oleh seorang penulis dan malah menemukan seorang penulis yang dijelaskan oleh orang-orang. Bukan Kuba Hemingway, tapi Hemingway Kuba. “Biarkan dia berpikir bahwa saya seorang pria lebih dari saya, dan saya akan menjadi.” Ernest Hemingway, Orang Tua dan Laut.

Apakah Anda suka sastra dan perjalanan? Kunjungi abookabroad.com untuk fitur lainnya.